-->
Responsive Theme - SEO Friendly

Blogger Sukses, pasti ada syaratnya.

| 2 | Edit Post
Blogger sukses ada syaratnya
Blogger Sukses, pasti ada syaratnya.

Sobat "Bermanfaat", ketika anda mendengar kata "sukses", reaksi spontan apa yang terlintas di fikiran anda? nyinyir? senang? sedih? bingung? ragu? semangat? takut? down? atau apa? silahkan kirimkan jawaban anda melalui form komentar di bawah ini? ada hadiah menarik yang menunggu anda! (maaf, bercanda...)

Yang jelas saya tidak akan tahu apa reaksi spontan pada diri anda kalau anda tidak mengirimkan jawabannya melalui form komentar di bawah, tapi, saya memiliki keyakinan bahwa anda akan bersemangat untuk meraihnya selama keyakinan bahwa anda bisa meraihnya masih ada dalam diri anda. Dan pastinya anda akan senag bila telah meraih dan menyandang status sukses tersebut.



Meskipun demikian, ada juga lho di antara kita (mungkin anda,,, mungkin) yang ketika mendengar kata "sukses" kali ini langsung nyinyir... (sambil membatin: "halah... kayak kamu sudah sukses saja min... min... kok berani ngajarin untuk sukses, lha ini, "blog-nya" aja masih parah gini kok!"), oke, tidak apa - apa kalau demikian adanya, paling saya hanya bisa balas membatin: "inilah enaknya punya blog, bisa ungkapin apa saja tanpa ada yang bisa melarang. So, ayo membuat blog sekarang juga". Sobat, tolong jangan diambil hati ya.

Mungkin ada juga yang bingung, maksudnya bingung harus mulai dari mana atau apa yang harus dilakukan untuk bisa meraih sukses. Bahkan ada juga yang takut, karena sudah trauma dan terlalu banyak yang telah dia korbankan untuk meraih sukses, tapi sepertinya sukses itu hanya impian dan angan - angan kosong.

Sobat "Bermanfaat", dari berbagai macam reaksi seseorang ketika mendengar kata "sukses" tentu semua itu berdasar pada pengalaman dan kejadian - kejadian yang telah mereka alami selama ini, sehingga membekas dalam benak dan akhirnya membentuk karakter yang bisa tampak di permukaan dengan gambaran sifat Optimis dan bisa juga Pesimis tergantung dari cara mereka memahami dan menyerap dari makna setiap kejadian yang telah mereka alami.


Sukses.

"Sukses" adalah sebuah kepastian, sebagaimana ketika saya menjatuhkan kertas, pasti akan jatuh ke tanah. Sedangkan "Gagal" itu tidak ada, yang ada adalah berhenti sebelum meraih sukses.
Hikmah


Sebelum kita ngobrol lebih jauh tentang topik kita kali ini yaitu, "Blogger Sukses. Ingat, sukses ada syaratnya", alangkah lebih baik kita samakan dahulu persepsi kita tentang arti kata Sukses", karena kalau ditinjau dari segi "perasaan" maka sukses akan memiliki banyak arti. Misalnya, bagi seorang mahasiswa ketika dia sudah diwisuda, maka menurut perasaannya pasti dia merasa sudah sukses, padahal belum tentu setelah lulus nanti hanya nganggur dan cuma bisa tidur di rumah saja karena sudah tidak lagi berangkat kuliah. Contoh yang lain misalnya bagi seseorang yang suka poligami, maka ketika bisa punya empat istri, dia akan merasa sukses, walaupun entah nanti nafkahnya dari mana. Dan masih banyak lagi contoh yang lain.

"Sukses" dalam presepsi saya di sini adalah: berhasil dalam mewujudkan mimpi atau harapan secara berkesinambungan yang berimbas pada masalah keuangan dan finansial. Adapun besar dan kecilnya itu relatif tergantung dari rasa syukur yang dimiliki oleh pelakunya. Sehingga bila dikaitkan dengan kata "Blogger" maka akan memiliki arti "seseorang yang berhasil dalam memonetisai blog yang dia miliki sehingga dengan lantaran blog tersebut dia dapat memperoleh penghasilan secara berksinambungan sebagaimana mimpi dan harapannya sejak pertama kali membangun sebuah blog". Adapun besar atau kecilnya penghasilan, itu relatif.

Sobat, setelah persepsi kita sama tentang arti kata "Blogger sukses" selanjutnya untuk bisa menjadi blogger sukses tentu ada syarat - syarat yang harus kita penuhi. Yang perlu Sobat fahami adalah, bahwa syarat itu merupakan satu keharusan secara dzoruri (otomatis) yang pasti ada pada setiap perkara, jangankan sukses, makan saja pasti ada syaratnya, yaitu harus ada yang dimakan. Kalau tidak ada yang dimakan maka anda tidak akan berhasil dalam mewujudkan kata "makan", contoh simpel lainnya ketika anda ingin masuk sekolah, pasti ada syaratnya juga, yaitu, melakukan pendaftaran disertai fc akte, kk, foto 3x4 dll. adapun berhasil diterima sokolah atau tidak itu urusan lain, yang jelas secara otomatis ada syaratnya dan anda harus memenuhinya terlebih dahulu. Apa lagi untuk menjadi "Blogger sukses" pasti juga ada syarat - syarat yang harus anda penuhi.


Memiliki Blog atau Website.

Sebelum saya berbicara panjang lebar mengenai syarat menjadi Blogger sukses, ngomong - ngomong apakah Sobat sudah memenuhi kewajibanya terlebih dahulu, apa itu? ya pastinya Sobat harus memiliki sebuah blog. Kalau belum punya silahkan baca cara termudah membuat blog menggunakan smartphone.


Blogger sukses ada syaratnya

Sobat, sebenarnya saya juga telah menulis topik semacam ini pada blog saya yang lain, dengan judul "Semua Ada Syaratnya" untuk membandingkannya silahkan sobat cari dengan kata pencarian seperti judul tadi, bila saya beruntung akan muncul di halaman pertama Google bergambar tanaman yang mulai tumbuh bertuliskan kata "PROSES" warna kuning (maaf promosi). Hanya saja pada tulisan saya itu bersifat global, sedangkan kali ini saya ingin mengfokuskan pada pembahasan tentang "Blogger Sukses.


Dasar.

Dasar yang saya gunakan sebagai acuan "Syarat Sukses" adalah dua bait nadzoman dari kitab Alaa_laa... yang dalam redaksi aslinya menyebut kata "ilmu". Dan di sini kata "ilmu" saya artikan dengan makna "sukses", karena sudah menjadi sebuah keniscayaan bahwa untuk meraih sukses itu harus memiliki ilmunya. Berikut ini isi dari baitnya:


اَلاَ لاَتَنَالُ الْعِلْمَ اِلاَّ بِسِتَّةٍ # سَأُنْبِيْكَ عَنْ مَجْمُوْعِهَا بِبَيَانٍ
"Ilingo dak hasil ilmu anging nem perkoro # bakal tak crita-ake kumpule kanthi pertelo".

Artinya:
"Ingatlah, anda tidak akan bisa menjadi Blogger sukses kecuali dengan enam syarat yang akan saya sampaikan semuanya dengan jelas".


ذُكَاءٍ وَحِرْصٍ وَاصْطِبَارٍوَبُلْغَةٍ # وَاِرْشَادُ اُسْتَاذٍ وَطُوْلِ زَمَانٍ

"Rupane limpat, lobò, sobar, ono sangune # lan piwulange guru lan sing suwe mangsane".

Artinya:
"Yaitu, cerdas, semangat, sabar, ada biayanya, adanya seorang guru dan butuh waktu dalam prosesnya".

Sobat, dari kedua nadzoman di atas sebenarnya point - point utama yang menjadi syarat agar bisa menjadi "Blogger sukses" sudah sangat jelas sekali, akan tetapi saya ingin sedikit menambahkan beberapa kalimat untuk menguraikan satu persatu syarat - syarat tersebut di atas agar bisa menjadi "Blogger sukses" dengan tujuan sebagai pengingat bagi diri saya pribadi khususnya untuk senantiasa berusaha memantaskan diri dan jangan pernah berhenti belajar hingga pantas disebut sukses.


Enam Syarat Sukses.

Enam Syarat menjadi Blogger sukses yaitu:



1. Cerdas.

Untuk menjadi "Blogger sukses" kita harus cerdas dalam memahami kondisi dalam diri kita. Maksudnya kita harus bisa sadar diri tentang apa yang kita sukai (minat), atau apa yang sudah kita kuasai dan apa yang belum kita kuasai, karena dalam dunia blogging tidak ada standar akademik, kompetensi dan keahlian, yang penting kita mau menulis dan terus belajar, itu saja. Jadi yang dimaksud cerdas di sini bukanlah ahli coding, SEO atau harus menjadi webmaster terlebih dahulu, karena hal ini bisa kita pelajari sambil berjan.

Oleh sebab itu, dengan mengetahui apa yang menjadi minat, kelebihan dan atau keahlian kita, maka kita akan bisa memaksimalkan potensi yang kita miliki tersebut guna membangun blog, sehingga kita bisa menjalankan proses ini dengan senag hati, lebih - lebih bila niche blog yang kita bangun sesuai dengan keahlian yang kita miliki, tentu hal itu akan menjadi identitas kuat bagi blog kita dan menjadikannya unik sehingga berbeda dari blog - blog yang lain. Karakter yang seperti inilah (unik) yang paling disukai oleh Adsense.

Jadi, untuk menjadi "Blogger sukses" Sobat harus cerdas dalam mengelola blog. Boleh asal - asalan, tapi itu hanya di awal ketika Sobat ingin mulai membuat blog agar Sobat tidak menunda dan segera bertindak dalam mewujudkannya. Ingat, untuk pengelolaan dan seterusnya Sobat harus cerdas dalam bertindak.



2. Semangat.

Semangat pasti dibituhkan dalam segala aktivitas yang kita lakukan, apalagi aktivitas tersebut berkaitan dengan masalah penghasilan (uang) tentu kita pasti akan dituntut untuk bersemangat dalam mengerjakannya. Begitu pula untuk menjadi Blogger sukses semangat dalam mengelola blog sangat dibutuhkan apalagi dalam masa - masa awal, tanpa semangat bisa dipastikan blog kita akan terbengkalai tak terurus. Jadi tetap jaga semangat anda hingga sukses tercapai. Ingat kata - kata bijak yang sudah sering kita dengar, yaitu: "Barang siapa bersungguh - sungguh pasti akan sukses". Untuk menjaga agar Sobat tetap semangat blogging, mungkin tulisan ini bisa membantu (bagian penutup).


3. Sabar.

Ya, untuk menjadi Blogger sukses tentu Sobat harus sabar. Jangan mudah menyerah, jangan mudah putus asa, jangan mudah berhenti. Lakukan dan terus lakukan sampai sukses berada dalam genggaman tangan Sobat.

Ingat, sukses adalah satu keniscayaan yang pasti bisa Sobat raih, kecuali jika Sobat berhenti di tengah jalan. Jika hal itu terjadi, maka jangan pernah berharap untuk bisa meraih sukses.



4. Ada Biaya.

Ada ungkapan dalam bahasa jawa yang mengatakan: "Ono rego Ono rupo artinya, segala sesuatu itu pasti ada harga yang harus dibayarkan. Apa yang akan Sobat dapatkan pasti sesuai dengan apa yang telah Sobat bayarkan.

Kalau Sobat punya banyak uang, maka untuk menjadi Blogger sukses mungkin bisa sobat lakukan dengan instan, Sobat tinggal membeli blog yang sudah terkenal, bayar penulis, atau bisa beli akun Adsense atau beli ini, beli itu atau apalah - apalah memakai uang Sobat, dan dalam waktu sekejab blog Sobat bisa sukses. Tapi, sukses dengan cara instan seperti ini biasanya tidak bisa bertahan lama. Sedangkan bila uang Sobat minim, maka sobat harus berani membayar harga sebuah kesuksesan tersebut dengan tenaga, fikiran, waktu dan apapun yang bisa Sobat bayarkan untuk meraihnya, semua butuh Proses yang harus dijalani.



5. Memiliki Guru / Mentor.

Bila kita tidak memahami sesuatu, maka bertanyalah kepada ahlinya agar kita tidak tersesat. Yang jelas adanya seorang guru atau mentor bisa sangat membantu kita terutama mengenai hal - hal yang belum kita fahami. Tidak hanya itu, seorang guru atau mentor akan selalu mengingatkan kita di saat kita melakukan kesalahan yang kadang - kadang tidak kita sadari, karena untuk menyadari sebuah kesalahan kita butuh orang lain untuk mengingatkan.

Untuk medapatkan guru atau mentor dalam dunia blogging, Sobat bisa melakukan pencarian di google, banyak sekali mentor yang siap mendampingi kita atau Sobat juga bisa bergabung dalam forum - forum diskusi yang kebanyakan diasuh langsung oleh master - master yang bisa kita andalkan.

Gajah di pelupuk mata tak tampak, tapi semut di seberang lautan tampak.
Kata bijak.



6. Butuh Waktu Dalam Prosesnya.

Untuk menjadi Blogger sukses pasti membutuhkan waktu. Seiring waktu berjalan, nikmatilah proses yang indah ini, terus belajar dan belajar. Tidak ada yang instan di dunia ini, semua butuh proses, proseslah yang akan mendewasakan kita, megajari kita arti sebuah kesuksesan yang sebenarnya.

Jangan pernah berhenti, terus lakukan dan lakukan segala yang terbaik hingga kita bisa menjadi Blogger sukses dan bisa memberikan kebahagiaan kepada orang - orang yang kita sayangi. So, keep your spirit, good luck, be your self, be strong and happy blogging.



Semoga bermanfaat, bila ada yang perlu ditambahkan atau sekedar salam sapa, silahkan Sobat tambahkan pada form komentar. Baarokalloh...
Share:

2 Comments

  1. Anonymous11:04:00 AM

    Greetings! Very helpful advice within this post! It's the little changes that will make the
    largest changes. Thanks for sharing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas atensinya, semoga bermanfaat.

      Delete