-->
Responsive Theme - SEO Friendly

Cara Termudah Membuat Blog di Android

| 2 | Edit Post
cara termudah membuat blog di Android
#androBLOG, Cara termudah membuat Blog menggunakan Android.


Sobat "Bermanfaat," bagaimana kabar anda hari ini, semoga sehat, semangat dan sukses selalu, aamiin...

Sobat, sejak saya memiliki Android, saya mulai suka menggunakannya untuk baca - baca di internet (karena praktis). Banyak hal - hal baru yang bisa saya pelajari mulai dari masalah otomotif, tehnologi, Gadget, tips and trik, kiat - kiat sukses dan masih banyak lagi. Dan yang paling saya suka adalah membaca tentang cerita sukses para blogger yang bisa menghasilkan jutaan hingga puluhan juta rupiah dari blog yang mereka miliki. Wow... Diantara mereka awalnya hanya iseng - iseng ngeblog, ingin berbagi, ada yang hobi menulis dan ada juga yang hanya sekedar curhat kemudian diposting ke blog agar banyak orang yang membaca tulisan atau curhatannya tersebut. Ternyata berangkat dari iseng - iseng dan hobi tadi justru bisa menghasilkan jutaan rupiah tiap bulannya hanya dari satu blog yang mereka miliki.

Bisa Sobat bayangkan kalau kita bisa menjadi salah satu dari mereka, menyenangkan bukan? dan saya yakin suatu saat nanti kita pun bisa seperti mereka, dengan satu syarat kita juga harus mau "Take Action" dari sekarang. So, mau menunggu apa lagi, ayo buat blog sekarang juga.

Adapun cerita saya pribadi, awal mula saya ngeblog bukan karena iseng atau hobi tapi karena bingung mau diapakan Android yang selalu saya bawa ini, jujur setiap hari alat komunikasi yang satu ini tidak pernah ketinggalan dan selalu terbawa di manapun dan kemanapun saya pergi, selain untuk komunikasi tentunaya alat ini bisa menjadi teman untuk mengisi waktu luang saya. Yaa biasa, paling - paling cuma buat main game dan browsing internet.

Sobat, mengisi waktu luang dengan kegiatan yang seperti itu memang sangat mengasyikkan, bahkan saking asyiknya sampai - sampai lupa segalanya dan hingga pada akhirnya "Alhamdulillaah mulai timbul kesadaran untuk bisa mengoptimalkan fungsi Android ini dan memulai kegiatan yang lebih bermanfaat daripada hanya bermain game dan browsing. Contohnya ya seperti sekarang ini yang saya lakukan, yaitu membuat blog agar bisa berbagi kepada Sobat "Bermanfaat" semua. Semoga benar - benar bermanfaat. Aamiin...

Mugkin Sobat bertanya - tanya, kok malah jadi ngomongin Blog, memang apa sih yang dinamakan Blog? Sobat, Blog adalah sebuah halaman website yang diakses melalui jaringan internet, di mana blog tersebut dimanfaatkan oleh pemiliknya sebagai sarana untuk menuangkan minat, informasi, ide, gagasan, kreatifitas, ulasan atau hanya sekedar curhat yang bisa berupa tulisan pendek, artikel atau bisa juga memuat sebuah media audio atau video. Terus apa perbedaan Website dengan Blog? Sobat, Website dan Blog sebenarnya tidak ada perbedaannya, sama - sama sebuah media informasi yang diakses menggunakan jaringan internet, hanya saja kalau Blog cederung dimanfaatkan untuk memuat banyak konten yang selalu diupdate, sehingga sering mengalami penambahan dan atau perubah setiap waktu, sedangkan Website hanya bersifat informasi dasar tentang sebuah perusahaan, lembaga atau perorangan yang mungkin sesekali akan dilakukan perubahan bila diperlukan.


cara termudah membuat blog di Android


Oke Sobat, sudah jelas semua? Oiya, ada satu lagi yang masih kurang yaitu, bagaimana mungkin sebuah Blog bisa menghasilkan uang untuk pemiliknya? Kalau jawaban untuk pertanyaan ini, silahkan Sobat baca tulisan saya yang membahas hal itu di sini.

Setelah semua jelas mari kita lanjutkan topik utama kita, yaitu "Mudahnya membuat Blog menggunakan Android."

Sobat "Bermanfaat," sudah sepatutnya kita mensyukuri berbagai fasilitas yang kita miliki saat ini dimana fasilitas tersebut dapat memberikan kemudahan dalam aktivitas kita sehari - hari seperti Android, dengan alat ini komunikasi dan aktivitas yang lain bisa kita jalankan dengan mudah, jadi jangan disia - siakan hanya untuk hal - hal yang kurang bermanfaat bagi kita seperti hanya bermain game atau berselancar di internet dengan cara yang berlebihan.

Salah satu cara untuk mensyukuri kelebihan Android ini (menurut saya) yaitu, dengan memanfaatkannya untuk membangun blog, sehingga melalui blog yang kita miliki nantinya kita bisa berbagi banyak hal - hal positif dan bermanfaat kepada orang yang lebih banyak karena memiliki jangkauan yang lebih luas dengan tanpa ada batasan ruang dan waktu. Dan semoga dengan lantaran cara kita mensyukuri semacam ini, kita bisa memperoleh tambahan berbagai kenikmatan diantaranya rizki dan penghasilan yang melimpah dari Blog kita. Aamiin...

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".
(QS. Ibrohim: 7)


Sobat, ayo kita mulai berkasi.

Pertama, sebelum kita membuat sebuah Blog, perhatikan dahulu beberapa point berikut ini:


  • "Niat yang baik"



Sobat "Bermanfaat," sebelum Sobat memulai urusan atau kegiatan apapun hendaknya Sobat awali dahulu dengan dasar niat yang baik, karena segala urusan atau kegiatan apapun yang kita lakukan apabila didasari dengan niat yang baik maka akan menjadi ibadah dan memberi nilai tambah untuk kita sebagai sebuah investasi ukhrowi. Ingat...! "segala amalan sesuatu itu membutuhkan niat, dan segala amalan sesuatu itu akan kembali kepada pelakunya sesuai dengan yang diniatkannya." So... Niatkan yang baik untuk memulai membangun sebuah Blog.


  • "Nice / Tema"



Sobat "Bermanfaat," untuk memulai membangun sebuah blog alangkah lebih baik bila Sobat menentukan dahulu nice atau tema dari blog yang akan Sobat buat. Dan tentunya agar nanti mudah dan bisa berkesinambunagan dalam menerbitkan tulisan atau artikel, sebisa mungkin di dalam Sobat menentukan tema blog sebaiknya Sobat sesuaikan dengan minat yang Sobat sukai atau sesuai bakat yang Sobat miliki. Misalkan minat Sobat dalam bidang teknologi, maka tema yang paling cocok untuk Blog Sobat adalah membahas tentang tehnologi pula, atau hobi sobat adalah jalan - jalan, maka tema yang tepat tentunya adalah Traveling. Yang jelas tentukan Tema dan fokuskan pembahasan hanya berkaitan dengan tema Blog Sobat.

Menentukan "nice / tema" sebelum mulai membut Blog adalah satu langkah yang efektif yang akan mempermudah kita dalam mengembangkannya. Tapi seandainya Sobat masih bingung dalam menentukan tema, itu tidak masalah justru yang menjadi masalah apabila sobat menunda atau bahkan mundur dari rencana awal membangun sebuah Blog.

Hal ini dulu juga saya rasakan, kebingungan dalam menentukan tema yang tepat. Tapi tidak masalah, yang jelas, keinginan kuat untuk membuat Blog lebih besar dari pada kebingungan yang saya rasakan, sehingga tulisan awal dalam blog saya ini hanya sebuah kalimat yang sangat sempurna dan baik yaitu: "Bismillaahir_Rohmaanir_Rohiim." So, tidak masalah bila Sobat belum punya "Nice / Tema" yang tepat untuk blog Sibat, yang penting go on... ayo tetap lanjutkan buat Blognya.


  • "Platfom Blog"



Dalam dunia Blogging, ada banyak sekali Platfom Blog yang bisa Sobat gunakan, tapi saya tidak akan menyebutkan semuanya cukup dua saja yang paling populer, yaitu "Blogspot" dan "WordPress." Saya yakin Sobat tidak asing dengan kedua nama tersebut. Dan pada pembahasan saya disi, saya hanya ingin menyampaikan tentang "Blogspot" saja bukan yang lain, dan platform "Blogspot" inilah yang saya rekomendasikan untuk Sobat semua, karena (menurut saya) platfom asuhan dari Google ini sangat baik, user friendly, banyak fasilitas yang terkonfigurasi dengan Google, mudah untuk setingnya dan yang terpenting mudah digunakan meskipun Sobat adalah seorang yang pemula sekalipun.

Kelebihan lain dari "Blogspot" yaitu, ketika suatu saat nanti Sobat bermaksud ingin merubah alamat URL-nya menggunakan domain Sobat sendiri (TDL), misalnya dari "nama-Sobat.blogspot.com" menjadi "nama-Sobat.com" maka Sobat cukup mempersiapkan domain Sobat saja (tanpa harus mempersiapkan hostingnya) dan langsung bisa Sobat konfigurasikan dengat Blog Sobat melalui Dashbor Blogger tanpa ada tambahan biaya apapun alias gratis. Asyik kan?


  • "Akun Google"



Untuk membuat sebuah Blog (khususnya Blogspot) syarat wajib yang harus Sobat penuhi adalah memiliki akun email dari Google. Akun Google ini adalah syarat wajib untuk bisa menggunakan seluruh fasilitas yang diberikan oleh Google, tanpa Akun Google kita tidak mungkin bisa menggunakan layanan Google, begitu pula dengan Blog dari Blogspot ini, Sobat harus punya Akun Google terlebih dahulu sebelum melanjutkannya. Apabila Sobat sudah punya Akun Google silahkan sobat lanjutkan, tapi bila masih bingung cara membuatnya silahkan sobat baca panduan tentang cara termudah membuat Akun Google menggunakan Android di sini.


  • "Hp Android dan Kuota Internet"



Sesuai tema kita kali ini "#androBLOG, mudahnya membuat blog menggunakan Android" maka wajar saja jika saya memasukkan Android ke dalam point utama untuk membuat sebuah Blog. Tapi jangan khawatir, seandainya Sobat saat ini menggunakan PC, Laptop atau Gadget dengan OS yang bukan Android maka tidak masalah untuk mengikuti langkan selanjutnya nanti. Karena yang terpenting bukan OS Androidnya, tapi aplikasi Web Browser seperti Chrome, Firefox, Safari, Internet Explorer atau yang lainnya yang terinstal dalam perangkat Sobat saat ini.



Kedua, buka aplikasi Web Browser, terserah Sobat mau menggunakan aplikasi apa saja sesuai rasa kenyamanan Sobat, yang penting bisa digunakan untuk mengakses halaman Blogger. Caranya ketik alamat URL berikut ini http://blogger.com ke dalam web browser Sobat. Agar lebih mudah silahkan dicopy paste saja, kemudian klik "ENTER" tunggu sebentar (sruput teh dulu...) sampai halamat Blogger selesai dimuat oleh web browser Sobat, kemudian klik "BUAT BLOG"



Ketiga, silahkan Sobat login terlebih dahulu menggunakan Akun Google yang Sobat miliki. Di sinilah letak pentingnya memiliki Akun Google yang tadi telah kita bahas. Apabila sebelumnya Sobat sudah login menggunakan Akun Google pada web browser maka secara otomatis Sobat akan diminta ferifikasi ulang Password, atau mungkin akan melewati tahap ini dan bisa langsung masuk ke tahap berikutnya.



Keempat, pada tahap ini Sobat akan diminta untuk membuat "Akun Blogger" atau Google plus (bila belum punya) sebagai identitas Admin Blog yang bisa Sobat tampilkan di Blog dan akan di identifikasikan sebagai penulis utama. Silahkan pilih salah satu dan isikan "Nama Tampilan" yang Sobat kehendaki kemudian klik "Lanjut ke Blogger".


cara termudah membuat blog di Android


Kelima, sekarang Sobat telah resmi masuk kedalam keluarga besar Blogger. Untuk memuali silahkan sobat klik "BUAT BLOG BARU"


cara termudah membuat blog di Android


Keenam, isikan data yang dibutuhkan untuk Blog baru Sobat. Isikan "Judul" kemudian "Alamat URL" dan Pilih "Desain Thema" dan selanjutnya klik "Buat Blog".


cara termudah membuat blog di Android


Catatan: Data yang diminta di sini bisa sobat rubah melalui setelan di Dashbor Blog, jadi apabila sobat masih bingung untuk menentukan Judul dan Alamat URL jangan terlalu diambil pusing, yang penting diisi terlebihdulu, nanti bisa disesuaikan.



Ketujuh, selamat... Blog Sobat sudah jadi. Mudah kan? selanjutnya silahkan sobat klik "Entri Baru" untuk menerbitkan sebuah catatan atau postingan pertama. Isi sesuka Sobat sebagai awal pembuka Blog Sobat. Dulu yang pertama saya tulis waktu membuat blog ini adalah "Bismillaahir_Rohmaanir_Rohiim. "




Untuk sementara sampai di sini dulu kebersamaan kita Sob, semoga "Sobat Bermanfaat" berkenan bercerita pengalaman pertama ngeblog, mengoreksi, memberi masukan atau sekedar salam sapa melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat… Sukses selalu untuk kita semua... Aamiin…!!!
Share:

2 Comments

  1. Anonymous12:41:00 AM

    tq bos..smoga makin manfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Terimakasih atas do'anya, sukses selalu untuk anda.

      Semoga bermanfaat...

      Delete