-->
Responsive Theme - SEO Friendly

Pentingnya Posting Artikel di Blog

| 0 | Edit Post
Penting nulis posting di blog
Pentingnya Menulis Artikel di Blog

Sobat "Bermanfaat", bagi seorang Blogger (istilah untuk pemilik blog) tentu tidak akan asing dengan dunia tulis - menulis, karena pada dasarnya Blog memang didesain untuk keperluan ini. Blog sendiri sejatinya adalah sebuah diary online yang menjadi tempat curhatnya para Blogger dalam artian sebagai media untuk mengungkapkan perasaan yang tersimpan di dalam benak atau pemikiran (proses berfikir) pemilik blog tersebut baik yang berupa kisah kehidupannya sendiri atau orang lain, ide, uneg - uneg, kabar berita, tips, tirik atau apapun itu dengan harapan agar bisa dibaca, dinikmati dan tentunya bisa memberi manfaat kepada banyak orang tanpa ada batasan ruang dan waktu.

Apapun yang ditulis dan dipublish oleh pemilik blog maka itulah yang akan terbit dan menghiasi blog tersebut, karena dalam dunia blogging tidak ada aturan baku dan tata tertib yang mengatur cara dan metode penulisan, apalagi orang yang bertindak sebagai korektor, pengawas, moderator atau otorisator hal itu tidak akan pernah ada. Yang jelas, bagaimanapun gaya bahasa dan metode penulisannya, semua terserah kepada si empunya blog. Karena itulah saya menyebutnya sebagai diary, artinya bebas mau menulis apa saja dan bagaimanapun bentuk dan metodenya sesuai mood dan yang terbesit di dalam pikiran si empunya, kan itu diary dia, jadi terserah dia dong!


Penting nulis posting di blog

Sobat "Bermanfaat", meskipun demikian apabila Sobat "Bermanfaat" memiliki sebuah blog, hendaknya tidak sembarangan dalam menerbitkan sebuah tulisan bebas atau artikel, setidaknya kita (saya pada khususnya) memperhatikan kaidah - kaidah yang benar dan norma yang berlaku. Jangan hanya berfikir tentang hak dan kebebasan yang kita miliki lantas kita menulis apapun sesuka hati tanpa memikirkan kaidah dan norma yang baik seperti, cacian, kata - kata kotor, konten dewasa dan berbagai macam hal yang bisa merugikan orang lain dan diri sendiri pada khususnya. Sobat, apa yang kita tulis itu mewakili ucapan kita dan apa yang kita ucapan adalah gambaran jelas tentang siapa diri kita sebenarnya.

Oleh karena itu, saya ingin mengingatkan khususnya kepada diri saya pribadi untuk senantiasa menerbitkan tulisan - tulisan atau artikel yang berisi tentang cerpen, cerbas (cerita bebas), nasehat, ide, gagasan, tutorial, tips, trik dan atau apapun jenisnya dengan berpegang teguh pada asas kemanfaatan agar bisa menumbuhkan kebaikan pada diri kita sebagai penulisnya dan kepada pengunjung blog kita sebagai pembacanya. Karena kebaikan atau keburukan yang bersumber dari diri kita akan kembali lagi kepada pada diri kita pribadi.



"Barang siapa yang mengajak kepada kebaikan, maka baginya pula (pahala) kebaikan yang dilakukan oleh orang yang mengikutinya meskipun dia telah tiada". (Begitu pula sebaliknya)
Al Hadits


Sobat "Bermanfaat", menulis dan menerbitkan sebuah artikel di blog yang kita miliki adalah satu kegiatan yang layak kita anggap sebagai "keharusan" agar kita bisa mendapatkan manfaat yang lebih dari blog kita. Optimalkan fungsi Android yang kita punya. Gunakan Android di setiap waktu luang di sela - sela kesibukkan kita sehari - hari untuk menulis sebuah artikel. Ingat, ketika membuka Android jangan untuk main game atau bersosial media saja tapi gunakan untuk menulis dan menulis. Tidak harus sekali jadi, tapi setidaknya satu kata demi satu kata kita tambahkan di dalam kerangka karangan kita sehingga dapat terbentuk satu buah artikel untuk kita publikasikan. Karena, dengan cara seperti inilah kita akan dapat terus berkembang dan menjadi pribadi yang lebih baik, baik dari segi keilmuan, skil, pengalaman, kepribadian dan tentunya kekayaan.

Lho, kok kekayaan...???

Ssstt... jangan keras - keras bacanya, malu kalau kedengaran tetangga sebelah,,, (sebelah tab browser maksudnya)...

Apakah Sobat belum tahu kalau blog kita itu bisa menjadi mesin pencetak uang yang akan menambah pundi - pundi kekayaan untuk kita? Kalau memang Sobat belum tahu, saya sarankan segeralah mamaca artikel yang membahas tentang hal itu di sini.

Dengan seringnya kita menulis artikel di blog, tentu hal itu akan mendorong kita untuk terus belajar dan memperbanyak wawasan dan hal - hal baru yang belum kita pahami, setidaknya sebagai bahan tambahan agar tulisan kita bisa menjadi berbobot dan tentunya akan membuat blog kita lebih bernilai. Jadi mohon maaf kepada Sobat sekalian apabila tulisan saya ini masih berantakan dan terkesan amburadul, maklum saya juga masih dalam tahap belajar menulis oleh karena itu melalui tulisan ini pula saya berusaha untuk menjadi lebih baik.

Menyinggung tentang "Pentingnya Menulis di Blog" ada baiknya kita harus bisa memahami dahulu bahwa Blog di bangun memang sebagai sarana penampung dan pendistribusi tulisan - tulisan yang akan kita buat nantinya. Jadi, akan sia - sia bila kita membuat Blog dan selepas itu kita tidak menulis artikel yang memang menjadi konten utama sebuah Blog.

Blog akan menjadi bernilai atau berkualitas dan bermanfaat untuk orang banyak bukan karena tampilan desain dan kecanggihan Widget yang dia miliki, tapi nilai dan bobotnya berdasarkan konten dan manfaat dari konten yang dia miliki. Semakin banyak artikel yang menghiasi Blog maka akan menjadikan Blog semakin bernilai dan berkualitas di mata mesin pencari, lebih - lebih bila kita memiliki niat untuk mendaftarkan Blog kita pada program Asense di kemdian hari.

Setelah kita memahami betapa pentingnya sebuah artikel di Blog yang kita miliki, maka tidak kalah penting pula bagi kita untuk menyeleksi dan mengontol tulisan - tulisan yang akan kita publish di dalam Blog kita. Setidaknya kita harus bisa menyortir (bila kita memiliki banyak tulisan yang siap edar) dan menilainya apakah layak untuk kita publish.

Sobat, apabila kita menerapkan disiplin dalam penyortian tulisan - tulisan kita di Blog, setidaknya ini akan memudahkan kita dalam mengelola Blog agar bisa eksis di dunia Blogging, karena Blog yang dalam menerbitkan artikelnya secara asal - asalan (jawa: capur aduk) cenderung akan membuat pemiliknya cepat merasakan jenuh, hal itu bisa terjadi mungkin karena bingung atau mungkin buntu dalam menentukan topik selanjutnya. Dan bila ini terjadi maka tidak ayal Blog tersebut akan terbengkalai karena ditinggal oleh pemiliknya.

Sebagai penutup tulisan saya kali ini, saya ingin berbagi beberapa tips untuk Sobat "Bermanfaat" semua tentang metode yang baik dalam menulis artikel yang akan kita publikasikan ke dalam Blog kita agar terhindar dari rasa jenuh. Di antaranya:


1. Fokuskan Blog pada satu Nice.


Istilah yang sudah populer dalam dunia blogging untuk mendefinisikan sebuah topik yang menjadi spesialisai sebuah Blog biasa disebut dengan Nice Blog. Dengan mengfokuskan satu Nice pada blog kita, tentu akan membuat kita nyaman untuk menerbitkan artikel yang berkaitan dengan nice tadi. Dengan satu nice maka sudah tentu kita tidak akan merasa bingung dalam menentukan topik yang akan kita tulis selanjutnya. Kita tinggal melihat daftar (list) pembahasan yang masih dalam bentuk kerangka atau hanya sebuah judul yang belum kita tulis menjadi sebuah artikel dalam satu topik pembahasan.

2. Buatlah daftar (list) judul.


Agar kegiatan tulis - menulis kita bisa berkesinambungan, buatlah sebuah daftar atau list judul dari satu topik pembahasan kita terlebih dahulu. Misalnya ketika Topik dari Blog kita membahas tentang Pariwisata yang ada di Indonesia, maka kita bisa membuat sebuah list judul yang akan kita jadikan artikel satu persatu secara berkesinambungan. Jadi kita bisa membuatnya sebagai berikut:
  • Indahnya Indonesiaku. (Untuk ditulis di hari pertama)
  • Surga yang diabaikan. (Untuk ditulis di hari kedua)
  • Pesona Indonesia. (Untuk ditulis di hari ketiga)
  • 7 Destinasi wisata terbaik di Indonesia. (Untuk ditulis di hari keempat) dan seterusnya.


3. Jangan paksakan diri untuk menyelesaikan satu artikel dalam sekali nulis.


Kita adalah manusia yang kadang memiliki semangat membara untuk menulis dan kadang pula kita merasa capek dan tidak mood untuk menulis. Untuk itu, saran saya adalah jangan sampai kita memaksakan diri dan berlebihan dalam menulis sebuah artike. Santai saja dan nikmati setiap huruf yang kita ketikkan di dalam tulisan kita, kita harus bisa memahami kondisi tubuh kita. Sambil nyruput teh hangat mungkin bisa membantu biar lebih santai. Ingat, kegiatan kita ini bukanlah kegiatan syuting untuk sinetron streaming yang selalu kejar tayang. So, santai dan nikmatilah. Adapun yang di atas itu cuman sebuah contoh saja, jadi tidak harus satu hari rampung satu artikel, tapi fungsinya agar kita kidak bingung dan kehabisan ide untuk menulis setiap harinya.

4. Gunakan media yang praktis dan simpel seperti Android.


Sobat, sekarang ini sudah bukan jamannya ribet dan repot, sekarang adalah jamanya simpel dan mudah, semua urusan saat ini sudah didesain sesimpel dan semudah mungkin, mulai dari belanja kebutuhan sehari - hari, bayar listrik hingga memasukkan lamaran pekerjaanpun bisa dilakukan sambil tiduran di rumah. Jadi, agar kegiatan tulis - menulis bisa kita lakukan di mana saja, kapan saja dan dalam kondisi senyaman - nyamannya (sambil tiduranpun bisa) alangkah lebih baik bila Sobat memanfaatkan Smartphone yang sobat miliki seperti Android.

Penting nulis posting di blog

Jangan takut ribet atau sulit, banyak sekali aplikasi yang bisa kita download untuk memudahkan kita dalam menulis. Coba bayangkan kalau harus pakai PC atau Laptop, kadang belum menulis saja mata kita sudah merasa lelah karena pancaran sinar dari monitor kita, belum lagi kalau harus ditenteng kemana - mana hanya untuk menulis, repot kan? Sobat, jangankan hanya menulis, perlu Sebot ketahui kitapun juga bisa membagun blog hanya menggunakan Android.

Sobat, dengan menerapkan beberapa tips di atas setidaknya akan membuat kita merasa nyaman dalam membangun dan memberdayakan Blog yang kita miliki agar senantiasa bisa selalu berkembang menuju ke arah yang lebih baik khususnya dari segi penerbitan artikel yang berkualitas.




Sampai di sini dulu kebersamaan kita Sob, semoga "Sobat Bermanfaat" berkenan menambahkan tips yang bermanfaat, mengoreksi, memberi masukan atau sekedar salam sapa melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat… Sukses selalu untuk kita semua... Aamiin…!!!
Share: