-->
Responsive Theme - SEO Friendly

Cara Unlock Bootloader Sony Xperia (C4 Dual)

| 4 | Edit Post
Cara Unlock Bootloader Sony Xperia
Bootloader.

Sobat "Bermanfaat", Bootloader adalah suatu proses yang dilakukan pada sebuah sistem operasi (OS) pada suatu perangkat (device) untuk memuat dan mempersiapkan sistem perangkat lunak yang akan ditampikan pada tampilan utama (main) perangkat. Dan proses pertama ketika menyalakan sebuah perangkat saat sistem memuat (load) aplikasi OS disebut dengan istilah Booting.

Pada sebuah perangkat Android kondisi Bootloader biasanya dalam keadaan terkunci (locked), hal ini dimaksudkan untuk melindungi OS asli bawaan dari perangkat Android tersebut agar aman, biasanya hal ini berhubungan dengan garansi pabrik dan data perangkat. Dengan demikian kita tidak akan bisa melakukan flashing untuk mengganti OS bawaan (merubah sistem) dengan OS yang sesuai keinginan kita, seperti Flash Sony Xperia C4 Dual E5333 27.3.B.0.129 Android Marshmallow selama bootloader masih dalam kedaan terkunci. Maka, agar Android bisa di-flash ulang dengan firmware baru kita harus membuka kunci (unlock) bootloader.

Unlock Bootloader.

Unlock Bootloader adalah membuka kunci boot sebuah sistem operasi agar kita sebagai pengguna memiliki akses penuh atas OS perangkat yang kita miliki untuk merubah OS dari kondisi aslinya.

Sobat, Unlock Bootloader sebenarnya tidaklah penting bagi kita selama kita masih merasa puas dengan keadaan perangkat kita saat ini, terlebih lagi bila hp kita masih dalam masa garansi, maka membuka kunci (unlock) bootloader berarti membatalkan garansi perangkat kita. Jadi, resiko sepenuhnya ditanggung oleh pengguna.

Dalam keadaan tertentu terkadang Unlock Bootloader menjadi sangat penting semisal saat terjadi kerusakan atau kesalahan pada sistem operasi perangkat kita karena ketidak sengajaan yang kita lakukan atau apapun seperti bootloop, brick, mati suri yang perbaikannya membutuhkan akses bootloader sebagaimana keadaan yang baru beberapa hari ini saya alami.

Fungsi Unlock Bootloader.

Fungsi Unlock Bootloader yang paling mendasar adalah agar kita sebagai pengguna sekaligus pemilik sebuah device memiliki akses penuh atas sistem operasi (OS) dari perangkat yang kita miliki. Dalam artian kita bebas untuk merubah, memodifikasi atau bahkan mengganti sistem operasi yang tertanam dalam perangkat milik kita itu.

Pada umumnya, pemilik perangkat melakukan Unlock Bootloader atas perangkat miliknya untuk melakukan Flash firmware baru atau Custom rom, karena Flash firmware merupakan solusi ampuh untuk mengatasi masalah bootloop, brick dan semacamnya.

Root dan Install Custom Recovery perangkat Android tidak membutuhkan akses Unlock Bootloader.

Persiapan Unlock Bootloader Sony Xperia C4 Dual.
  • Sobat "Bermanfaat", sebelum anda melakukan Unlock Bootloader Sony Xperia C4 Dual sebaiknya anda melakukan backup terlebih dahulu semua data yang berada pada hp sobat, seperti foto, dokumen, musik, video, pesan, log panggilan, backup kontak dan backup chat Whatsapp. Hal ini perlu sobat lakukan karena proses Unlock Bootloader Sony Xperia C4 Dual akan menghapus semua data yang berada pada hp sobat.
  • Setelah data berhasil sobat backup, selanjutnya aktifkan USB Debugging* pada perangkat Aandroid sobat. Caranya: "Menu" >> "Setting / Setelan" >> "Opsi pengembang / Developer options" >> aktifkan "USB Debugging". Bila pada perangkat sobat tidak ada pilihan "Opsi pengembang" pada menu setelan, maka cara untuk mengaktifkannya adalah sebagai berikut, pada menu "Setelan" >> "Tentang ponsel / About phone" >> tekan berulang - ulang pada "Nomor pembuatan / Build number" hingga muncul pesan "Sekarang anda adalah pengembang", maka akan muncul menu baru pada setelan berupa "Opsi pengembang / Developer options".

Cara ini untuk Sony Xperia C4 Dual, tapi tidak menutup kemungkinan bisa untuk type lain.

Saatnya Unlock Bootloader Sony Xperia C4 Dual.

  • Pertama: Pastikan pengaturan "adb dan fastboot" pada komputer sobat dan siap untuk digunakan.
  • Kedua: Pastikan driver flashtool sudah terinstal pada komputer sobat. Gunanya agar komputer bisa mengenali hp saat disambungkan melalui kabel USB.

    Cara Unlock Bootloader Sony Xperia

    Driver bisa sobat temukan di dalam folder "driver" (sub folder dari folder "flashtool"), nama filenya "Flashtool-drivers.exe", dan ketika sobat melakukan intalasi driver yang perlu diperhatikan adalah centang "Flashmode drivers" dan "Fastboot drivers" sedangkan yang lain opsional, silahkan pilih sesuai selera sobat atau abaikan semuanya.
  • Cara Unlock Bootloader Sony Xperia
  • Ketiga: Buka folder "adb" >> klik pada area kosong di dalam folder "adb" >> tekan dan tahan tombol "shift" >> "klik kanan mouse" >> akan muncul daftar dan pilih "open command window here".
  • Cara Unlock Bootloader Sony Xperia
  • Keempat: Setelah jendela cmd terbuka, ketik "adb reboot bootloader" (tanpa tanda petik) kemudian Enter.

    Pada jendela cmd akan muncul pesan "error: devce not found", tapi tenang tidak ada masalah di sini. Pesan error muncul karena memang perangkat hp belum sobat hubungkan ke komputer menggunakan kabel USB. Lanjutkan step berikutnya.
  • Cara Unlock Bootloader Sony Xperia
  • Kelima: masukkan "kode Unlock Bootloader" yang sobat dapatkan dari situs resmi http://developer.sonymobile.com/unlockbootloader/. Sedangkan untuk format "kode Unlock Bootloader" adalah seperti ini: "fastboot -i 0x0fce oem unlock 0xKODE-UNLOCK-16DGT" (masukkan pada perintah cmd tanpa tanda petik). >> klik "Enter". Adapun cara untuk mendapatkan kode Unlock Bootloader bisa sobat baca di sini.
  • Cara Unlock Bootloader Sony Xperia
  • Keenam: setelah memasukkan "kode Unlock Bootloader" dan klik "Enter" dalam jendela cmd akan muncul pesan "< waiting for device >" pada step ini silahkan sobat hubungkan hp sobat pada komputer menggunakan kabel USB dalam "mode Fastboot". Caranya: matikan hp >> tekan dan tahan tombol "Volume up (+)" >> sambungkan hp menggunakan kabel USB ("vol +" tetap ditekan) hingga lampu LED notifikasi menyala "warna biru". Silahkan tunggu (gak lama kok) hingga proses "Unlocking Bootloader" selesai.
  • Cara Unlock Bootloader Sony Xperia
  • Terakhir: selamat, sekarang perangkat sobat telah berhasil di"Unlock Bootloader"nya dan siap untuk melakukan Flash firmware baru. Bila sobat tertarik untuk Upgrade Xperia C4 Dual (E5333) dari Android 5.0 (Lollipop) ke Android 6.0 (Marshmallow), silahkan sobat baca tutorialnya di sini.

Penutup.

Sobat, "Unlock Bootloader" yang sobat lakukan dapat membatalkan sisa waktu garansi perangkat yang sobat miliki. Jadi bila tidak begitu butuh untuk melakukan proses ini maka sebaiknya jangan lakukan "Unlock Bootloader", bila terjadi kerusakan pada Operation Sistemnya lakukan claim garansi saja dan menurut saya cara ini (claim garansi) adalah jalan keluar yang lebih bijak.

Semoga apa yang telah saya sampaikan di atas dapat membantu masalah sobat tentang "Unlock Bootloader" perangkat yang sobat miliki. Atas share dan tanggapan dari sobat "Bermanfaat" semuanya saya ucapkan banyak terimakasih, karena share yang sobat lakukan sangat bermanfaat sekali bagi blog ini.

Akhir kata "Semoga bermanfaat". Salam sukses untuk kita semua. Aamiin...

Share:

4 Comments

  1. Kalo hp nya bootloop gmn ?

    ReplyDelete
  2. Kalau hpnya bootloop, nggak bisa mengaktifkan usb debuging gmn gan ?

    ReplyDelete
  3. Kalau hp bootloop nggak bisa mengaktifkan usb debuging gmn gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tahu sob tapi pengalaman saya waktu itu hp saya juga bootlop dan USB debug juga belum aktif tapi Alhamdulillah bisa.... Jadi dicoba saja dulu, semoga punya sobat juga bisa... Aamiin.

      Delete