-->
Responsive Theme - SEO Friendly

Aplikasi Wajib Blogger Android

| 0 | Edit Post
Aplikasi Wajib Blogger Android
Aplikasi Wajib Untuk Blogger Android (versi "Bermanfaat")

Sobat "Bermanfaat", seiring berjalannya waktu, kita akan selalu dihadapkan dengan perubahan - perubahan dari segala lini kehidupan yang menuntut kita untuk dapat menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Apabila kita cuek atau enggan beradaptasi, maka tak ayal kita sendirilah yang akan kerepotan untuk mengejar ketertinggalan itu. Sebagaimana yang kita rasakan saat ini, semuanya selalu dituntut untuk serba cepat, serba instan dan serba simpel. Semua ungkapan yang mengandung kata "repot, lama dan ribet" akan tersingkir dan ditinggalkan oleh kebanyakan orang dan digantikan oleh istilah yang sudah menjadi trend saat ini, yaitu "Online".

Kebanyakan orang saat ini sudah hampir bisa dipastikan selalu membawa smartphone dan terhubung dengan jaringan internet melalui smartphone yang mereka bawa dengan alasan praktis dan simpel tentunya. Dulu ketika kita ingin berkirim email atau dokumen pekerjaan atau hanya sekedar update status di media sosial harus menggunakan PC atau Laptop, tapi hal itu sudah tidak berlaku untuk masa sekarang ini. Semua kegiatan yang dulunya hanya bisa dilakukan menggunakan PC atau Laptop sekarang sudah bisa kita lakukan menggunakan alat yang relatif kecil dan muat untuk dimasukkan ke dalam saku kita. Dan tentunya hal itu pulalah yang menjadi faktor utama dalam perkembangan teknologi saat ini menjadi kian pesat. Para pengembang aplikasi berbasis mobile terus berlomba - lomba dalam menciptakan aplikasi yang berkualitas mengingat pengguna smartphone saat ini semakin lama semakin meningkat.

Sobat "Bermanfaat", seiring perkembangan teknologi smartphone saat ini semakin mempermudah para penggiat internet dalam mengotrol dan mengembangkan pekerjaan yang mereka geluti. Tak terkecuali untuk para Blogger, semakin banyak aplikasi berbasis mobile yang dapat diandalkan untuk melakukan kegiatan blogging mereka, dan hasilnyapun sangat bagus tidak kalah dari PC dan Laptop.

Sobat, karena banyaknya aplikasi mobile yang mumpuni untuk kegiatan blogging, membuat saya mulai asyik dengan kegiatan blogging saat ini. Semua kegiatan blogging saya lakukan hanya mengandalkan Android yang saya miliki karena sangat simpel, praktis dan bisa saya lakukan kapan saja dan di mana saja (mengoptimalkan fungsi Android). Bagaimana tidak, lha wong Android saya ini selalu siap saya kantongi dan tidak pernah protes sama sekali. Bayangkan kalau blogging harus pakai Laptop, kan repot bawanya. (jujur, alasan sebenarnya adalah karena saya tidak memiliki Laptop atau PC).
Syukuri apa yang ada, hidup adalah anugerah.
Tetap jalani hidup ini, melakukan yang terbaik.
-d'Masiv

Waktu terus berjalan, teknologi semakin berkembang, jangan pernah berhenti belajar atau kita akan jauh tertinggal. Oke Sobat saatnya kali ini saya ingin berbagi tentang aplikasi yang musti Sobat pasang di Android sebagai seorang #androBLG. Mungkin beberapa orang akan menilai sebagian dari aplikasi yang saya sampaikan nanti tidaklah penting, tapi tidak masalah, yang jelas, aplikasi berikut ini wajib terpasang di hp Android Sobat sebagai seorang Blogger menurut versi saya. yaitu:


1. Muslim Pro.


Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi wajib bagi seorang Muslim (khususnya saya), karena aplikasi inilah yang akan selalu mengingatkan kita tanpa pernah lupa walaupun hanya sekali tentang kewajiban kita sehari - hari sebanyak lima (5) kali dalam sehari yaitu Sholat Fardlu. (Untuk sobat yang non Muslim, abaikan saja aplikasi ini).

Terus apa hubungannya Muslim Pro dengan blogging? Sobat, secara langsung memang tidak ada hubungan sama sekali aplikasi ini dengan dunia blogging, tapi jujur saja, ketika sedang blogging kadang kita terlalu asyik dan sering kali kita lupa waktu, apa lagi pas ada ide cemerlang yang bersliweran di dalam otak kita, rasanya ingin terus pencet keypad Android ini sampai pool. Karena itulah kita butuh asisten pribadi yang selalu siap mengingatkan tentang kewajiban kita sebagai seorang Muslim, agar hidup dan segala aktivitas yang kita lakukan termasuk kegiatan blogging kita bisa memperoleh keberkahan. InsyaAlloh.


2. Netepad-PRO.


Menulis untuk posting blog sebenarnya bisa langsung dilakukan dengan membuka web browser dan mengunjugi Dashbor Blogger tanpa butuh bantuan aplikasi lain. Tapi kadang untuk menulis dengan metode seperti ini menggunakan Android menurut saya sangat tidak nyaman, selain harus terkoneksi internet, teks yang sangat kecil hingga keypad yang tiba - tiba forece close akibat save loading otomatis yang berjalan sementara kita sedang terus mengetik, belum lagi kalau hp Android kita juga lama loadingnya akibat ram yang sibuk mengatur lalu lintas data dan bekerja multi tasking. Tentunya hal - hal semacam ini tidak terjadi ketika kita membuka Dashbor Blogger menggunakan PC atau Laptop. Untuk itu, solusi yang tepat bagi Blogger Android apabila ingin membuat tulisan artikel dengan nyaman tanpa ada gangguan seperti di atas adalah dengan menulisnya secara offline menggunakan bantuan aplikasi Notepad PRO, kemudian setelah semuanya selesai kita tinggal copy-paste.

Aplikasi Wajib Blogger Android

Aplikasi Notepad PRO inilah yang saya gunakan selama ini untuk menulis dan menyimpan list (draft) judul yang menjadi ide tulisan - tulisan saya selanjutnya. Notepad PRO secara umum sama seperti aplikasi yang diperuntukkan kegiatan tulis menulis lainnya hanya saja kelebihannya menurut saya aplikasi ini sangat simpel dan sederhana sekali, dikhususkan hanya untuk menulis. Yang paling saya sukai dari aplikasi ini adalah ukurannya sangat kecil sehingga ringan dan dia walaupun geratis tapi sama sekali tidak menampilkan iklan seperti halnya aplikasi - aplikasi serupa yang lain.

3. Blogger.


Blogger adalah aplikasi buatan dari si empunya blogspot itu sendiri, yaitu Google. Sama seperti aplikasi - aplikasi berbasis website yang lain, aplikasi Blogger dikhususkan untuk pengguna blogspot dalam mengatur berkas postingan. Melalui aplikasi Blogger ini, para pengguna dapat dimudahkan dalam menulis, mengedit dan menerbitkan sebuah posting baru.

Apabila melalui website Blogger, saat kita hendak menulis posting maka akan terdapat dua mode tampilan saat kita menulis, yaitu mode "Compose" dan HTML, jadi kita bisa leluasa memasukkan kode tag html (</>) saat membuat tulisan dalam mode HTML. Tapi apabila kita hendak menulis atau mengedit postingan melalui aplikasi Blogger ini, kita tidak akan menemukan mode HTML, hanya terdapat mode Compose saja. Menurut saya inilah kekurangan dari aplikasi ini, maklum karena didesain untuk pengguna Mobile, jadi mungkin sengaja dibuat sesimpel mungkin dengan tujuan yang penting pengguna Mobile bisa menerbitkan postingan dengan mudah menggunakan ponsel yang mereka miliki.


Aplikasi Wajib Blogger Android

Bagi saya pribadi, aplikasi ini sangat penting karena bisa menjadi solusi tepat dalam urusan mengoresi kata demi kata dari postingan kita yang sudah terbit yang mungkin terjadi adanya salah ketik saat menulis. So... simple!

4. Pengolah Gambar.


Dala dunia blogging gambar juga merupakan sebuah daya tarik agar pengunjung blog tidak bosan hanya melihat sebuah halaman yang berisi teks saja. Sebuah gambar mampu memberi arti yang lebih banyak dari pada hanya sebuah kata - kata atau teks belaka. Bila diungkapan, sebuah gambar bisa mengandung seribu kata bahkan lebih. Untuk itu, sebagai seorang blogger kita juga perlu menambahkan sebuah gambar pada tulisan - tulisan yang kita posting.

Bila Sobat menguasai editing menggunakan PhotoShop via PC atau Laptop, hal ini tentunya bukan masalah yang serius, tapi bila Sobat tidak bisa editing menggunakan PhotoShop atau bahkan tidak memiliki desktop? Bisa pupus deh keinginan untuk eksis di dunia blogging.

Sobat, untuk mengatasi hal ini (buta PhotoShop plus tidak punya Desktop), sebagai Blogger Android kita tidak perlu khawatir, sebab banyak sekali aplikasi editing gambar yang bisa kita download di Play Store, meskipun setiap aplikasi memiliki kelebihan dan fungsinya sendiri - sendiri, tapi hasilnya sudah cukup bagus bagi pengguna Android seperti saya walaupun ntuk menghasilkan satu buah gambar kadang kita butuh beberapa aplikasi sekaligus. Berikut ini beberapa aplikasi yang saya sarankan untuk Sobat gunakan dalam editing foto agar sesuai keinginan. Di antaranya:

  • a. Eraser.

Aplikasi ini berfungsi sebagi penghapus background gambar apabila kita mengingin kan gambar dengan background transparan, seperti saat kita ingin membuat sebuah icon. Sayangnya aplikasi ini tidak memiliki fasilitas blur, jadi kadang garis tepi yang tidak berbentuk garis lurus akan terlihat sangat kasar. Solusi untuk mengatasi masalah ini saya menggunakan aplikasi yang kedua, yaitu Photo Background.

  • b. Photo Background.

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, aplikasi Photo Background ini menjadi andalan saya untuk memberikan efek buram (blur) pada garis tepi sebuah gambar yang sudah saya ubah menjadi background transparan, agar terlihat lebih natural.

  • c. Poster Maker.

Sebenarnya fungsi dari aplikasi Poster Maker ini sama seperti aplikasi Photo Background, bahkan fiturnya lebih banyak dan lebih lengkap. Hanya saja aplikasi ini tidak memiliki fasilias blur sebagai mana yang dimiliki oleh Photo Background. Jadi, semua aplikasi yang saya sebutkan di atas bisa saling melengkapi satu sama lain.

  • d. Photo Grid.

Aplikasi ini sudah cukup populer, saya yakin Sobat juga sudah familier mendengar nama Photo Grid, aplikasi ini sangat baik digunakan sebagai alat pengolah kolase gambar, so... wonderfull.

  • e. Photo Resizer

Setelah gambar selesai kita buat dengan menggunakan gabungan dari bebera aplikasi di atas dan dirasa sudah sesuai dengan yang kita inginkan, biasanya gambar yang kita hasilkan mempunyai ukuran yang cukup besar, apalagi hasil kolase Photo Grid. Denga bantuan Photo Resizer kita dapat mengubah ukuran gambar yang mencabai 1MB menjadi sekitar 200kb dengan kualitas gambar yang tetap bagus. Dengan cara ini, bisa membuat loading pada halaman postingan kita menjadi lebih cepat dan ringan.


Aplikasi Wajib Blogger Android

5. Picasa Tool.


Aplikasi ini dirancang khusus untuk menampilkan file gambar dan video yang telah diupload oleh pengguna Akun Google ke dalam album Picasa atau Google Foto. Cukup login kedalam aplikasi ini menggunakan Akun Google yang Sobat miliki maka aplikasi Picasa Tool dapat langsung menampilkan seluruh foto dan video yang pernak Sobat upload, baik menggunakan aplikasi Foto atau melalui Picasa Web. Tidak hanya itu, Picasa Tool juga dapat menampilkan seluruh gambar yang pernah Sobat upload menggunakan Akun Blogger di dalam sebuah folder yang namanya sesuai nama blog sobat.

Manfaat yang bisa kita dapatkan dari aplikasi Picasa Tool sebagai seorang Blogger Android adalah, kita dapat dengan mudah upload gambar yang akan kita tampilkan pada postingan, cukup dengan cara copy - paste alamat lokasi URL gambar tersebut ke dalam rancangan tulisan kita (apabila kita menulis secara offline menggunakan Notepad PRO).


6. AWD - IDE for Web Dev.


Aplikasi yang tak kalah pentingnya untuk seorang Blogger Android adalah aplikasi HTML/XML/CSS/Js editor. fungsi utamanya sih bukan untuk edit CSS atau segala macem, tapi aplikasi ini akan kita butuhkan saat kita ingin mengedit tampilan template blog kita, misal ketika kita ingin mengubah tampilan komentar, share button atau butuh menambahkan widget yang tidak standar dan lain - lain yang berhubungan dengan editor template.

Bagi Sobat yang pernah mencoba edit template blog melalui menu Template >> Edit HTML di Dashbor Blogger "menggunakan Android" saya yakin Sobat merasa sangat kerepotan sekali. Selain karena tampilannya yang sangat kecil, loading lemot dan seringnya force close keypad jadi malah bikin stres.

Untuk mengatasi hal ini, sebagai Blogger Android Sobat membutuhkan aplikasi tambahan seperti AWD - IDE for Web Dev. Untuk dapat edit template blog sesuai selera, yang harus Sobat lakukan adalah download template terlebih dahulu melalui Menu Template >> Backup/Pulihkan (pojok kanan atas) >> kemudian klik Download tema. Setelah selesai kita download baru kita edit file tema tadi (nama file biasanya: tema-***12345678***.xml) menggunakan aplikasi ini.


Aplikasi Wajib Blogger Android

Selesai edit baru kita upload lagi dengan cara yang sama seperti saat kita download, hanya saja untuk upload (memperbaharui tema) kita klik Browse, cari lokasi file tema yang kita edit tadi > kemudian Upload. Beres... Oya, sebelum Upload hasil edit, Download tema sekali lagi, buat jaga - jaga kalau kita kurang puas dengan hasil editan tadi, jadi bisa dikembalikan seperti semula.

7. Drive.


Sobat pasti sudah kenal dengan aplikasi ini, ya, DRIVE layanan hosting penyimpan data dari Google. Aplikasi ini bisa kita gunakan untuk penyimpanan dan berbagi berkas dalam format file apa saja. Cocok digunakan jika kita ingin berbagi berkas, aplikasi dan lain - lain dengan pengunjung blog kita melalui link download yang kita bagikan ke pengunjung.

8. Google Analytics.


Google Analytics adalah layanan aplikasi yang dikembangkan oleh Google guna membatu memberikan informasi kepada para Blogger atau pemilik website untuk mamantau seluruh aktivitas yang terjadi dalam blog atau website tersebut. Seluruh hasil pemantauan yang dilakukan oleh Google Analytics akan dilaporkan kepada pemilik situs dengan disajikan dalam bentuk grafik dan diagram yang mudah difahami. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa memberikan informasi secara real time (waktu nyata) tentang aktivitas yang terjadi pada blog kita saat itu juga, seperti jumlah pengunjung yang sedang online, halaman atau posting yang sedang diakses, sumber lalu lintas dari pengunjug, device yang digunakan dan asal negara pengunjung. Jadi aplikasi ini sangat membatu kita sebagai pemilik blog untuk menentukan strategi apa yang harus kita terapkan pada blog kita.

Untuk dapat menggunakan layanan dari aplikasi ini, sebelumnya Sobat harus mendaftarkan blog yang sobat miliki menggunakan Akun Google Sobat, dan setelah registrasi selesai selanjutnya nanti Sobat akan mendapatkan sebuah no. Id yang harus sobat pasang beserta scriptnya ke dalam blog sobat. Setelah Sobat selesai memasang scrip dari Google Analytics baru silahkan Sobat buka aplikasi Analytics dan login menggunakan Akun Google yang Sobat daftarkan tadi, secara otomatis sobat akan disuguhi laporan Pengguna saat ini.

Sobat, demikian sedikit ulasan tentang Aplikasi Wajib Untuk Blogger Android. Dan seluruh aplikasi di atas bisa sobat download kesemuanya di Play Store secara gratis. Atau mungkin Sobat ingin bereksperimen dengan aplikasi lain selain yang di atas tadi, tidak masalah, karena yang terpenting semangat nge-blog tetap terjaga dan terasa nyaman tentunya.

Semoga dengan bantuan aplikasi - aplikasi di atas, kegiatan blogging kita akan tersa mudah dan menyenagkan walaupun kita lakukan hanya menggunakan hp Android saja. So, tunggu apa lagi Ayo, membangun Blog sekarang juga.



Sampai di sini dulu kebersamaan kita Sob, semoga "Sobat Bermanfaat" berkenan menambahkan ide yang bermanfaat, mengoreksi, memberi masukan atau sekedar salam sapa melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat… Sukses selalu untuk kita semua... Aamiin…!!!
Share: