-->
Responsive Theme - SEO Friendly

Optimalisasi Fungsi Android

| 0 | Edit Post
Optimalkan fungsi Android

Optimalisasi Fungsi Android

Menilik tulisan - tulisan saya sebelumnya, akan selalu mengkerucut pada sebuah kesimpulan bahwa seyogyanya kita harus dapat memaksimalkan fungsi Android sebagai sarana penunjang aktifitas sehari - hari. Maaf jangan salah faham, maksud dari arti kata "Fungsi" di sini yang saya maksud bukanlah fungsi kinerja Android, tapi fungsi penggunaan Android dalam memudahkan aktifitas harian kita. Jadikan Android sebagai sarana memudahkan jangan sampai malah menjadi alat untuk gaya - gayaan saja, pamer, apalagi sampai melalaikan dari tanggung jawab kita sebagai makhluk tuhan dan makhluk sosial.

Dalam menggunakan Android sering kali kita terlalu offer, sehingga banyak sekali hal - hal yang seharusnya menjadi perhatian dan prioritas kita malah justru terabaikan karena kita terlalu asik lihat Youtube, Googling, Facebook, Twitter, update status, chatingan dan lain sebagainya.

Sobat Bermanfaat, Gadget seperti Android (Smartphone) saat ini bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan, bagaimana tidak sekarang ini semuanya sudah dituntut serba elektronik, dengan alasan demi kemudahan, kecepatan dan kepraktisan khususnya yang berkaitan dengan pekerjaan agar lebih capat dan murah. So, memang sudah sewajarnya kita harus punya alat ini. Tapi, jangan sampai karena alat ini pula kita menjadi terlena dan seakan - akan dunia menjadi sempit dan hanya berada di dalam sebidang layar kecil saja dan kalau tidak melihat layarnya dalam semenit saja kita menjadi GEGANA (GElisah, GAlau dan meraNA). Sehingga yang seharusnya kemudahan tadi bisa memberikan keberkahan (nilai tambah) untuk diri kita justru malah sebaliknya.


Optimalkan fungsi Android


Sobat Bermanfaat, kebanyakan dari para pengguna Smartphone (khususnya saya sendiri) sering terlena di dalam menggunakan alat yang satu ini, karena terlalu asyik bersosial media atau hanya sekedar berselancar di internet, membuat kita malas untuk melakukan kegiatan lain di luar konteks dunia maya, membuat kita malas bersosialisasi dengan lingkungan sekitar bahkan lebih - lebih sebagai seorang MUSLIM, kegiatan di DUMAY (dunia maya) ini kadang membuat saya khususnya merasa malas untuk melakukan ibadah - ibadah sekunder (sunnah) seperti membaca Al Qur'an, berdzikir, bersilaturrohim karena merasa sudah cukup lewat chating saja. Jangankan ibadah sunnah, bahkan terkadang kita rela menunda Sholat atau bahkan sampai lupa sehingga meninggalkannya hanya karena menunggu balasan chating lawan bicara kita di sosmed atau karena menunggu page loading web browser.

Sobat, mohon maaf apabila yang saya sampaikan di atas menyinggung perasaan sobat sekalian, saya tidak bermaksud untuk itu, sengaja saya menulis ini hanya semata - mata mengingatkan diri saya pribadi khususnya yang memang sering kali terlenakan pada saat menggunakan Smartphone. Dan melalui posting ini semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua, karena menurut saya ini termasuk salah satu manfaat dari memiliki sebuah blog pribadi, yaitu belajar menyampaikan sebuah opini.

Setelah kita menyadari betapa besar dampak negatif dari penggunaan Gadget yang berlebihan, tidak ada salahnya kita mencoba untuk merubah pola ketergantungan kita terhadap gadget, agar dalam mengoptimalkan fungsi Android, ini kita bisa memperoleh nilai tambah yang sebesar - besarnya dengan menerapkan beberapa tips berikut ini:



  • Komitmen.
  • Komitmen adalah dorongan kuat yang timbul atas kesadaran dari dalam diri kita. Komitmen mutlak dibutuhkan dalan setiap kegiatan kita sehari - hari, dimana dengan komitmen ini kita akan dapat memisahkan antara kerharusan, kebolehan dan keharaman (baca: tidak boleh) kegiatan yang akan kita lakukan sehari - hari, termasuk dalam menggunakan Smartphone. Kita harus juga memiliki komitmen kapan waktunya kita menggunakannya dan kapan harus menyimpannya. Untuk memudahkannya kita bisa menyel jadwal dan notifikasi dalam Smartphone.


  • Atur Jadwal dan Notifikasi.
  • Setelah kita menetapkan sebuah Komitmen, ada baiknya kita juga mengatur Alarm dan Notifikasi guna untuk menginatkan jadwal penggunaan Smartphone. Jadi ketika kita sedang bersosial media atau berselancar kita tidak akan kebablasan dan terlena karena terlalu asyik, setidaknya akan ada peringatan yang muncul di layar Smartphone untuk mengingatkan kapan kita harus membaca Al Qur'an, bekerja, belajar, santai bersama keluarga, makan, tidur dan lain sebagainya. Dan apabila notifikasi muncul di Smartphone kembali pada Komitmen kita harus segera meletakkannya.


  • Pasang Aplikasi Jadwal Sholat.
  • Sebagai seorang Muslim, aplikasi jadwal sholat seperti Muslim Pro ini WAJIB bagi saya sebagai pengingat waktu sholat. Berbeda halnya dengan Alarm dan Notifikasi, Jadwal sholat cenderung setiap hari terus berubah, jadi akan sulit bila jadwal sholat ini kita atur menggunakan Alarm, maka untuk menjamin keakuratannya kita butuh Aplikasi pengingat sholat ini. Apabila Adzan sudah berkumandang dalam Smartphone kita, letakkan Smartphone dan kita persiapkan diri untuk melaksanakan sholat berjama'ah di masjid. Jika seperti ini cara kita menggunakan Smartphone, InsyaAlloh alat ini akan lebih membawa keberkahan bagi kita.


  • Pasang Aplikasi Yang Bermanfaat.
  • Selain jadwal sholat, kita juga perlu memasang berbagai aplikasi pendukung untuk memanfaatkan waktu luang bersama Smartphone. Seperti aplikasi Al Qur'an, Buku - buku agama, kisah teladan dll. Agar dari Smartphone ini, kita juga bisa beribadah dengan membaca Al Qur'an, belajar banyak hal dan meneladani kisah orang - orang pilihan untuk membentuk karakter kita agar menjadi lebih baik.


  • Manfaatkan Smartphone dan Internet untuk Hal - hal Positif.
  • Salah satu kelebihan Smartphone adalah memberi kemudahan bagi penggunanya untuk akses Internet, Smartphone dan Internet bagaikan satu pasangan kekasih yang tidak boleh dipisahksn, bila salah satunya tidak ada akan hampa rasanya. Oleh sebab itu, Smartphone cenderung disalah gunakan sebagai sarana melihat hal - hal yang kurang baik seperti situs dewasa dan lain - lain. Kecenderungan ini mucul karena ketika memegang Smartphone dan tidak ada kegiatan positif yang dapat dilakukan dengannya, maka timbullah hal - hal yang tidak baik itu. Untuk menghindari hal yang demikian, sebaikknya kita mulai melakukan hal - hal yang positif untuk memanfaatkan waktu luang kita bersama Smartphone, seperti membaca Al Qur'an (banyak aplikasi Al Qur'an yang bisa kita pasang) atau membuat Website atau Blog pribadi sebagai sarana untuk menulis dan berbagi bakat dan minat kita. Lalu apakah bisa membuat Blog menggunakan Smartphone, jawabanya Sangat bisa... InsyaAlloh akan saya bagikan caranya pada kesempatan berikutnya.

Sekali lagi, dari banyaknya kemudahan - kemudahan yang kita dapatkan melalui Smartphone ini, mari kita Optimalkan Fungsi dan Manfaatnya sebagai sarana beribadah dan mengembangkan potensi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik sehingga kita tidak terlena dan tergilas oleh pesatnya perkembangan teknologi informasi yang semakin jauh dari kontrol norma dan etika.
Untuk sementara sampai di sini dulu kebersamaan kita Sob, semoga "Sobat Bermanfaat" berkenan membagikan opini, masukan atau sekedar salam sapa melalui kolom komentar. Semoga Bermanfaat… Sukses selalu untuk kita semua... Aamiin…!!!
Share: