-->
Responsive Theme - SEO Friendly

Membuat Aplikasi Android Tanpa Koding

| 3 | Edit Post
Membuat Aplikasi Android Tanpa Koding
Halo Sobat "Bermanfaat" semuanya, sebelumnya Admin minta maaf karena telah sekian lama tidak update blog ini. Itu semua dikarenakan selama ini Admin lagi sibuk di pekerjaan yang admin geluti, yaitu usaha "Tambal Ban."

Sebenarnya selama ini banyak yang ingin saya share, tapi keadaan yang tidak memungkinkan karena kesibukan tambal ban adalah kesibukan yang menuntut saya dalam kondisi kotor karena oli dan lain sebagainya, sehingga... ya sudahlah, akhirnya fakum dulu untuk nulis.

Oke Sobat, sudah dulu basa - basinya. Sekarang kita lanjut ke pokok pembahasan kita kali ini. Tapi sebelum saya lanjutkan, alangkah lebih baik sobat baca dulu tulisan saya yang ini (membuat tema blogger dari nol).

Oke, sesuai judulnya "Membuat Aplikasi Android Tanpa Koding," tentu sudah banyak artikel - artikel yang bertebaran di internet yang membahas tentang topik semacam ini, bahkan mungkin pembahasan di sana lebih lengkap daripada apa yang nanti akan saya bahas, tapi tidak masalah, semoga tulisan saya ini bisa melengkapi artikel - artikel yang sudah banyak tadi dan tentunya bisa membawa manfaat buat sobat semuanya. Aamiin...

Sobat, apa yang saya katakan ini adalah benar. Anda tidak perlu menggunakan atau menuliskan code apapun untuk membuat sebuah aplikasi Android. Yang anda lakukan hanya cukup mengkonfigurasi aplikasi yang sedang sobat buat, diantaranya alamat URL, Nama Aplikasi, Diskripsi, gambar icon dan lain-lain.

Siapkan Dahulu Sebuah Alamat URL!

Mungkin sobat "Bermanfaat" bertanya - tanya kenapa harus ada alamat URL? ya sebuah alamat URL. Sobat... dilihat dari judul di atas, "Membuat Aplikasi Android Tanpa Koding" sepertinya adalah sesuatu yang tidak mungkin. Bagaimana bisa kita membuat sebuah aplikasai (baca: program) tanpa menuliskan code sedikitpun? tentu tidak mungkin bisa. Jadi, apakah saya berbohong? itu tidak juga, saya sama sekali tidak berbohong, kareena memang sobat tidak perlu menuliskan code sedikitpun saat membuat aplikasi yang sobat inginkan. Maaf, semoga sobat semuanya tidak bingung.

Sobat, di dalam dunia pembuatan aplikasi, menuliskan sebuah code adalah satu hal yang wajib bila kita sedang membuat sebuah aplikasi / program. Tapi, dalam tahap atau situasi tertentu penulisan code bisa kita kesampingkan, maksudnya kita tidak harus menjadi ahli coding untuk membuat aplikasi sederhana. Yang kita butuhkan cukup mengerti dasar - dasar HTML dan CSS saja. Itu sudah cukup.

Oke, yang penting sobat siapkan dahulu sebuah alamat URL. Pakai blogspot yang dari Google saja (gratisan) seperti https://nama-sobat.blogspot.com sudah cukup, tidak perlu yang berbayar. Untuk cara membuat blog, silahkan sobat baca di sini. Mudah banget kok...

Sudahlah... Baik, agar sobat tidak bingung, saya akan memberi sebuah contoh.

Saya yakin sobat semua tentu tahu tentang beberapa kanal marketplace? iya tahu kan? seperti BUKALA**K, TOKOPE**A, LAZA*A, EB*Y dll. Apa yang muncul pada layar HP sobat ketika sobat membuaka situs - situs tersebut melalui Aplikasi Web Browser di HP? ya, akan muncul sebuah notifikasi kecil yang mengajak sobat untuk mengunduh aplikasi dari situs - situs tersebut. Iya kan. Nah inilah pokok pembahasan yang ingin kita bahas bersama kali ini.

Membuat Aplikasi Android Tanpa Koding.

Setelah sobat memahami maksud perkataan saya di atas, tentu sekarang sobat bisa memahami kenapa gambar yang saya pasang (TOP_SMG "Tambal Ban Online) ini nekad saya jadikan gambar utama, ya, pastinya tidak ada hubungannya sama sekali dengan judul "Membuat Aplikasi Android Tanpa Koding". Tapi sekarang sobat bisa mengerti kan kenapa saya lakukan itu?

TOP_SMG sebenarnya adalah sebuah blog yang beralamatkan di https://top-smg.blogspot.com yang saya desain sangat minim sekali karena memang hanya saya khususkan untuk memperkenalkan usaha tambal ban online saya. Dan untuk memudahkan calon konsumen dalam menghubungi dan menggunakan jasa tambal ban online saya, maka blog TOP_SMG tersebut saya buatkan (baca: saya rubah) menjadi sebuah aplikasi Android yang dalam waktu dekat ini akan saya publikasikan ke dalam Google PlayStore. - InsyaAlloh, masih mengumpulkan modal untuk daftar menjadi publisher Google PlayStore.

Membuat Aplikasi Android Tanpa Koding

Pada gambar di atas bisa sobat lihat dua buah aplikasi dengan nama "TOP SMG dan Top Chat" kedua aplikasi tersebut saya buat sendiri lho... Ingat, saya tidak memasukkan code sedikitpun dalam pembuatannya. Untuk melihat tampilannya, silahkan sobat unduh aplikasi TOP SMG di PlayStore. (maaf, bercanda. Untuk sekedar melihat hasil dan tampilan aplikasinya silahkan sobat hubungi saya melalui akun WA saya atau bisa juga melalui kolom komentar di bawah.

AppsGeyser.com

Sobat, untuk membuat aplikasi Android tanpa koding kita tidak perlu mengistal aplikasi apapun di komputer, yang perlu sobat lakukan cukup mengunjungi situs website yang menyediakan fasilitas pembuatan aplikasi android, bahkan untuk mengakses situs ini bisa sobat lakukan dari Hp Android sobat. Salah satu situs yang menyediakan layanan tersebut adalah https://appsgeyser.com

Membuat Aplikasi Android Tanpa Koding

Pertama: Silahkan sobat buka situs AppsGeyser pada alamat URL di atas.
Kedua: Klik "CREATE NOW FOR FREE"

Membuat Aplikasi Android Tanpa Koding

Ketiga: Pilih "Website"

Membuat Aplikasi Android Tanpa Koding

Keempat: Isikan alamat URL Blog sobat >>> Pilih Color Theme >>> Action Bar >>> Kemudian "Next". Kalau diarahkan balik ke isian "URL" klik "Enter" saja sampai muncul step berikutnya seperti gambar di bawah ini.

Membuat Aplikasi Android Tanpa Koding

Kelima: Di tahap ini sobat diminta mengisi "APP NAME" yaitu, nama aplikasi yang nantinya dijadikan identitas aplikasi sobat. Kemudian isi juga "DESCRIPTION" yang berfungsi untuk mendiskripsikan aplikai, dan jangan lupa pilih "ICON" untuk aplikasi. Bila sobat punya gambar icon sendiri, pilih "Custom Icon" dan selanjutnya klik "CREATE."

Setelah sobat klik "CREATE" sobat akan diarahkan untuk "Sign in" bila sobat belum pernah menggunakan AppsGeyer sebelumnya maka sobat harus "Sign up" terlebih dahulu. Untuk "Sign up," sobat bisa menggunakan akun Google, Facebook atau menggunakan E-mail. Silahkan sobat ikuti langkah - langkahnya.

Membuat Aplikasi Android Tanpa Koding

Terakhir: Selamat, aplikasi yang sobat buat sudah jadi dan sudah siap untuk diunduh dan diinstal di Hp sobat. Pada DASHBOARD AppsGeyser akan terlihat Nama dan Id Aplikasi yang telah sobat buat seperti gambar di atas. Silahkan Klik Unduh dan Install. Jangan lupa perhatikan pula tips yang muncul untuk instal aplikasi yang tidak diunduh dari PlayStore.

Bagaimana? mudah kan? apakah pada setiap tahapan di atas sobat memasukkan sebuah atau sebaris code? tidak kan!

Nah, itulah cara yang sangat mudah untuk Membuat Aplikasi Android Tanpa Koding sedikitpun. Semoga bisa sobat praktekkan.


Melihat Hasil Kerja.

Setelah sobat mengikuti langkah - langkah di atas untuk membuat aplikasi Andriod tanpa koding, download dan diinstal pada perangkat Android, sekarang saatnya kita melihat hasil kerja kita. Untuk hasil dari yang saya lakukan terlihat pada deretan Menu di hp saya seperti gambar berikut ini:

Membuat Aplikasi Android Tanpa Koding

Pada gambar di atas terlihat aplikasi dengan nama "Semarang." Itulah aplikasi yang barusan saya buat bersamaan dengan saat menulis artikel ini. Adapun tampilan utama aplikasi tersebut masih standar sebagaimana bila sobat membuka alamat blognya pada web browser yaitu seperti gambar berikut ini:

Membuat Aplikasi Android Tanpa Koding

Gambar di atas adalah tampilan utama dari aplikasi yang barusan saya buat, masih standar sebagaimana template bawaan blogger. (belum saya rubah).

Sekarang setelah saya rubah template standarnya sesuai keinginan saya untuk aplikasi ini, maka tampilannya sekarang menjadi seperti gambar di bawah ini:

Membuat Aplikasi Android Tanpa Koding

Bagaimana? terlihat berbeda kan? untuk melihat tamppilan menu utama aplikasi "Semarang.apk" ini silahkan sobat kunjungi link https://nama-sobat.blogspot.com dan tolong beri saya masukan mengenai tampilannya. Oke!

Jadi, sebenarnya dengan menggunakan blogger kita juga bisa membuat aplikasi - aplikasi Android yang menurut saya sangat menarik tergantung dari kreatifitas kita. Pada kesempatan berikutnya - InsyaAlloh kita akan membahas tentang "Membuat Aplikasi Android Berbasis Blogger."

Sobat, sekian dahulu kebersamaan kita kali ini, semoga apa yang telah saya sampaikan di atas bisa bermanfaat untuk kita semua dan sedikit bisa memberi inspirasi untuk kita agar selalu memberi manfaat bagi sesama. Tidak lupa saya juga mengharapkan saran, masukan positif dan kritikan dari sobat semua. Share dan Like dari sobat semua sangat bermanfaat untuk blog ini. Akhir kata: "Sukses Selalu untuk Kita Semua... Aamiin!"

Share:

3 Comments

  1. Sangat membantu segali bagi orang yang gaptex seperti saya ini ... Semoga barokah dunia akhirat ...

    Salam sarung sukses.....

    ReplyDelete
  2. Sangat membantu sekali bagi orang yang gaptex seperti saya ini ... Semoga barokah dunia akhirat ...

    Salam sarung sukses.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Terimakasih mas Hafief, Baarokalloh...

      Delete